ebi furai


Lebaran tahun ini, jatahnya kumpul2 keluarga besar mamah yang pada jago2 masak semua .Uwakku pinter masak dengan tampilan masakan yg selalu tempting, bibikku yang kalo bikin kue pake ilmu kira2 tapi selalu jadi dan enaaakkk, tanteku yang hobi bikin2 kue ato masakan2 yg modern.. nah, tanteku ini seneng banget berbagi tips masak yang oke2. lebaran taun ini, blio berbagi tips bikin ebi furai supaya ngga melengkung.
Dipraktekkin pas baru balik dari mudik, pas ngga ada asisten. Repot yaaaa... manir2nya itu loh. Tapi seneng, krucilku pada doyan... 1 anak 7 taun dan 2 batita, aku suapi sekaligus abis 20 ekor (+ 4 piring nasi & semangkok gede sayur), heheh..
Oya, bikinnya emang udah lama. tapi baru posting sekarang. Soalnya fotonya blom sempet aku pindah ke PC, kamera udah kebawa honey-bunny-darling ku a.k.a ci ayah dines luar. balik2 udah dipindah ke laptop blio. dan baru ditransfer ke PC di rumah kemaren, hehehe...

Ya sud, langsung resepnya aja yaa....


EBI FURAI

Bahan :
500 gram udang jerbung --- impor dari cirebon, biar fresh :) kalo disini susah cari yg fresh dan gede2 (ada juga mahalll, hehe)..
1 sdt garam
1 sdt lada
jeruk nipis secukupnya

paniran1:
300 gram tepung terigu
2sdm maizena/tepung sagu
1 sdm susu bubuk
1 sdt garam
1 sdt lada

celupan : 200 cc putih telur + 1sdm maizena dicairkan dg sedikit air ** aku selalu pake 'ramuan' ini buat panir2an, dijamin minyaknya ga berbuih. tapi kalo pas ga ada stok putih telur ya pake telur utuh ajah..

paniran 2: tepung panko (bread crumb) secukupnya

Cara membuatnya :
Bersihkan udang, buang kulit dan kepala nya, sisakan ekornya. lalu dikerat-kerat punggungnya (dipotong dengan pisau tapi tidak sampai putus) --- kalo aku sih 'dipijet' udangnya sampe terasa 'krek' punggung udangnya patah tp ga putus. ini tips dari tanteku ituh
Lumuri udang dengan jeruk nipis, garam dan lada, biarkan beberapa jam (masukkan kulkas, makin lama makin meresap bumbunya).

Campur terigu, maizena, susu bubuk, lada, garam dalam wadah terpisah, aduk rata.

Kemudian lumuri/gulingkan udang pada campuran tepung sampai rata (sambil tetap udangnya dipijet2 mesra:D) lalu celupkan ke dalam putih telur, lumuri lagi dengan campuran tepung (lakukan proses ini 2 kali).
Terakhir, celupkan ke putih telur lalu lumuri dengan tepung roti
diamkan dulu di freezer 30menitan spy panirnya nempel,dan goreng hingga berwarna kuning kecoklatan.

Sajikan dengan saus sambal.

** 500gr bisa dapet kurleb 30-40 ebi furai. biasanya kalo buat sekalian banyak spy sekalian berantakan dapurnya, hehe... simpen di wadah kedap, taro di freezer. ntar kalo mau digoreng, diamkan 30 menit dl di suhu ruang, baru digoreng

0 comment:

Post a Comment