Kue Lumpur Ubi Ungu

Tinggal di daerah deket lembang, bisa jalan2 ke lembang hampir tiap minggu ngga membuat saya bosan belanja belenji di pasar lembang. Iya, kalo penduduk jakarta jalan2 ke lembang sukanya ke tempat2 outbond, saya lebih suka belanja hasil pertanian di pasar lembang. Segala macem ada dan muraahhh... Buat bit yg ngetrend dibikin red velvet cake itu, kalo di spm sebiji aja bisa 6ribuan, di pasar lembang 5 biji 10 ribu sajah. Disini juga sy bisa ketemu berbagai jenis labu. Mulai labu parang yg besar2, labu kuning yg kulitnya ijo, kabocha (ngga heran lg kan kalo dalam bbrp postingan kedepan bakalan banyak muncul resep yg berjudul pumpkin) Dan tentu saja, umbi2an kesukaan saya termasuk si cantik ubi ungu:)
Awal perkenalan sy dg ubi ungu sebenernya bukan di pasar lembang. Pernah pas sy jalan2 ke spm, nemu ubi ungu impor. Agak mahal sih, tp krn penasaran, sy beli (ibu2 banget sih saya, suka beli sesuatu krn penasaran aja, pdhl ngga tau mau diapain). Waktu itu, ubinya sy kukus trs sy bikin muffin. Tapiii, ternyata pas dr adonan aja, warna ungunya yg butek itu ,menghilang. Jadi adonan berwarna ijo, dan bertahan begitu sampe matang. Ngambek lah saya... Ngapain beli ubi ungu mahal2 kalo warna ungunya menghilang. Huh!
Nah pas ke pasar lembang, di tempat langganan sy biasa beli, ada ubi ungu yg unyu2 ini lagi. Dg warna yg lebih pekat dari ubi ungu yg sy beli di spm. Lebih cantik dg harga cuma sepertiganya. Kalap sekaligus penasaran, sy beli 3kg. Dikukus semua, setengahnya dimakan gitu aja. Manis dan legit, lbh enak dari ubi ungu impor itu. Sisanya sy bikin muffin, kukis ubi ungu dan kue lumpur ini. Dan semuanya warna ungunya bertahan cantik unyu2. Yay!
Jadi makin cinta produk lokal :')

Untuk resepnya aku tetap pakai 1/2 resep kue lumpur ncc dg sedikit modifikasi.

Kue lumpur ubi ungu

Bahan:
150 gr gula pasir
250 gr tepung terigu
500gr ubi ungu kukus dan haluskan
100 gr margarine, lelehkan
3 btr kuning telur
2 btr putih telur
500ml santan
1/2sdt vanilli
1/2sdt garam
taburan: kismis, wijen, keju, choco chips

Cara membuat:
Blender ubi ungu+ santan hingga halus
Kocok gula dan telur sampai putih dan mengembang (tidak perlu naik), masukkan garam dan vanilli sambil terus dikocok.
Tuangi santan+ubi ungu dan tepung masukkan terigu secara bertahap sambil tetap diaduk rata.
Terakhir, tuang mentega leleh, aduk rata.
Panaskan cetakan kue lumpur, poles mentega, tuangi adonan hingga ¾ penuh, tutup, biarkan setengah matang taburi bahan taburan, tutup lagi, biarkan sampai matang.





0 comment:

Post a Comment