muffin pisang keju



Senangnya rumah di leuweung aliyas di desa, hampir tiap hari tukang jualan pisang lewat depan rumah. Dan aku selalu tergoda buat beli, karena pisang memang salah satu buah favorit krucil2, apalagi yang jenisnya pisang ambon. Lagipula, pisang yg dibawa selalu bagus2. Fresh, matang di pohon.
Tapi, karena si bungsu yg baru 18 bulan belum mengerti cara makan pisang 'yang baik dan benar', sering kali ada beberapa buah pisang yang akhirnya berakhir jadi 'mainan' dia. Dan ibuk yang ngga mau rugi harus putar otak memikirkan bagaimana pisang2 yang udah ngga indah dipandang aliyas bonyok2 diolah spy itu bisa dimakan lagi.
Seringnya sih berakhir jadi pancake pisang atau banana bread atau muffin. Kali ini mau posting banana-cheese-muffin nya bunda nadine. Jumlah pisang yang dipakai hampir sebanyak pisang yg dibuat bonyok si adek, hehehe...

ini resepnya ya.. nyontek plek dari sini:


Muffin Pisang Keju

3 buah pisang cavendis matang banget ukuran sedang ----> aku pake pisang ambon lumut
1 1/2 cup tepung terigu
1/2 cup + 2 sdm gula pasir
1 butir telur
1 sdt cinnamon
14 sdt garam
1 sdt baking powder
1 sdt baking soda
1/3 cup minyak sayur
50 gram keju cheddar, potong dadu kecil-kecil
keju cheddar parut secukupnya untuk toping

Cara membuat:
1. Ayak tepung+baking soda+baking powder+garam & cinnamon, tambahkan keju potong dadu, campur rata, sisihkan.
2. Hancurkan pisang dengan garpu, tambahkan gula & telur, kocok pake whisk sampe semua tercampur rata, tambahkan minyak sayur, aduk kembali sampai rata.
3. Tuang bahan kering, aduk asal rata kemudian tuang ke cetakan muffin yg sudah dialasi papercup, taburi keju parut secukupnya.
4. Panggang di suhu 180C selama kurang lebih 25-30 menit (tergantung masing2 oven yaaa).

Selamat mencoba :)

0 comment:

Post a Comment