Rainbow Cake

akhirnyaaaa, bikin juga cake yg booming banget ini. sempat beberapa kali maju mundur bikin Rainbow cake krn mempertimbangkan keribetan pembuatannya dan pemakaian pewarnanya. tapi penasaran mengalahkan segalanya, hehe... saya menggunakan resep steamed rainbow cake-nya ani lizzarni yg di post di blog ante wanti. kenapa dikukus? supaya ngga pakai pewarna terlalu banyak dan warnanya tetap keluar. untuk frostingnya tetap pakai cream cheese frosting
pada dasarnya, steamed rainbow cake yg saya buat ini hanyalah spongecake biasa yg diberi warna warna agak menor. Jadi supaya terasa istimewa, mempertimbangkan proses bikinnya yg ribet, frostingnya yang harus istimewa.

Berikut resepnya ya:

Steamed Rainbow Cake
Resep by Ani Lizzarni
Modified by Wanti

Bahan :
8 butir telur
1 sdm emulsifier
350 gr gula pasir
280 gr terigu
1/2 sdm vanilla susu
300 ml minyak sayur
200 gr buttercream
180 gr keju cheddar

Cara Membuat :
1. Timbang bowl lalu dicatat, siapkan 6 buah loyang ukuran 22 x 22 cm oles carlo lalu beri kertas roti dan dioles kembali dan panaskan kukusan.
2. Kocok telur dan gula hingga kental dalam bowl yang sudah ditimbang.
3. Masukkan tepung dan vanilla susu yang sudah diayak lalu aduk rata.
4. Masukkan minyak sedikit demi sedikit sambil diaduk balik hingga rata dan tidak ada minyak yang masih mengendap didasar bowl.
5. Timbang bowl beserta adonannya lalu kurangi berat bowl untuk mendapatkan berat adonan. Bagi 6 adonan sama rata lalu masing-masing diberi warna ungu, biru, hijau, kuning, oranye dan merah.
6. Kukus masing-masing warna selama kurleb 15 menit hingga matang dengan api kecil, angkat lalu dinginkan.
7. Campur buttercream dengan 60 gr keju cheddar parut.
8. Letakkan 1 lembar cake oles dengan BC lalu letakkan cake berikutnya, lakukan hingga cake habis. Terakhir oles BC lalu beri parutan keju cheddar gondrong. Biasanya urutan warna mulai dari lapisan paling bawah hingga ke atas adalah ungu, biru, hijau, kuning, oranye dan merah, tapi kalo mau urutannya beda juga nggak papa yaa...

Untuk frostingnya saya pakai resep creamcheese frosting yg ada disini


0 comment:

Post a Comment