LBT 8: Mini Pizza Saus Pesto



Awalnya liat2 resep dough pizza di blognya mbak Hesti, kayaknya lucu dan lembut hasilnya. Teksturnya cocok buat 2 balita yang lagi doyan2nya ngemil.
Juga udah lama simpen resep concasse-nya mbak Lia- dapur Gue (note: sejak kenal resep ini, saya selalu pake resep ini buat saus bolognaise untuk pasta. tinggal tambahin daging giling, enyaak).
nah karena stok saus bolognaise seringnya saya taruh di freezer, pas eksekusinya, saya malah lupa ngeluarin saus bolognaise dari freezer. Padahal dough udah masuk proses fermentasi.
Yaudah biar cepet, dan juga ngejar cuaca yg makin mendung buat motret, tadinya mau nekat pake saus tomat biasa aja. Tapi trs inget, masih ada sisa saus pesto sedikit di kuklas, ngga perlu di thawing lagi (Yak, sejak ngerasain spaghetti saus pesto yg enaaaak banget di warung Spatula-nya neng Kathy Saelan, saya resmi tergila-gila sama yg namanya saus pesto)
nah, balik ke pizza, nekatnya puter haluan jadi pake saus pesto buat olesannya. Sempet khawatir ngga cucok kalo buat pizza, yang tyt kekhawatiran saya ngga terbukti. Roti yg lembut+saus pesto+tuna+keju yg melimpah, ternyata cocok aja buat petualang rasa kayak saya :))
Silakan dicoba ya..
Mudah2an cocok juga buat yg baca dan mudah2an juga ngga dilempar centong sama orang italy gara2 seenaknya ngacak2 tradisi:))


MINI PIZZA SAUS PESTO


Dough Pizza: ---> saya buat 1/2 resep aja
- 400 gr tepung terigu protein tinggi
- 100 gr tepung terigu protein sedang
- 10 gr ragi instan
- 60 gr gula pasir
- 60 ml minyak goreng ---> sy pake extra virgin olive oil
- 1 sdt peres garam
- 400 - 450 ml air hangat

Cara membuat :
1. Campur semua bahan kering, aduk rata. Tuang air hangat sambil dikocok menggunakan mixer spiral.
2. Tambahkan garam dan minyak sambil terus dikocok sampai rata. Tutup dengan serbet basah. Fermentasikan 15 menit. --> sy: tadi cuaca mendung banget jadi waktu fermentasinya saya tambah jadi 30 menit



OLESAN saus pesto
sumber: Allrecipes (http://allrecipes.com/Recipe/pesto-sauce/detail.aspx), disesuaikan dengan selera saya:D

Bahan:
2 cup daun basil segar (bisa diganti kemangi, walaupun aromanya ngga akan sama)
1 cup walnut cincang (saya pake whole almond, cincang)
3 siung bawang putih, cincang
1/4 cup Parmesan cheese, parut (saya pake 1/3 cup)
1/3 cup olive oil (saya pake 1/2 cup extra virgin olive oil)
garam dan merica, sesuai selera

Cara membuat
Blender bersama daun basil, almond, bawang putih,parmesan. Taruh di mangkuk, tuangi olive oil perlahan. aduk rata. masukkan garam dan merica. cicipi sesuai selera.

TOPPING:
Tuna kaleng, tiriskan dari bahan perendamnya
Jamur kaleng, iris tipis
parmesan cheese, parut halus
Mozarella, parut

Assembly:
1. Sendokkan dough ke loyang muffin sesendok - sesendok. olesi olive oil.
2. Oleskan saus pesto.
3. tata tuna dan jamur. Taburi ke 2 macam keju.
4. Panggang 10-12 menit.

0 comment:

Post a Comment